Label

Rabu, 05 Februari 2014

Analisis Bisnis Air Isi Ulang


Pada dasarnya cara sukses bisnis air minum isi ulang sama dengan bisnis-bisnis lainnya. Tentu saja ada hal-hal spesifik yang perlu diperhatikan dalam bisnis ini. Idealnya cara sukses bisnis air minum isi ulang adalah mencari tempat dimana permintaannya cukup tinggi dan tidak ada saingan. Jujur saja, itu tidak mudah. Apalagi mencari tempat diperkotaan. Bisa saja Anda yang pertama kali, kemudian setelah berhasil, akan Anda banyak pengekor di belakang Anda, sehingga pesaing pun hadir. Lalu bagaimana agar bisa tetap bertahan dan tetap mendapatkan keuntungan yang bagus? Kita belajar ke Aqua. Mengapa Aqua masih menjadi pilihan utama? Padahal pesaingnya banyak? Bukan saja dari sesama air kemasan, tetapi juga dari air minum isi ulang seperti Anda. Ini alasannya: 

  1. Kepercayaan. 

Aqua adalah penghasil air kemasan yang sudah mendapatkan image yang paling dipercaya. Mereka pionir, mungkin mendapatkan kepercayaan lebih plus strategi marketing mereka yang menjaga kepercayaan. Sudahkah bisnis air minum isi ulang Anda dipercaya? 
  1. Perbedaan. 

Meski banyak pesaing sesama air kemasan, namun Aqua mampu untuk tampil tetap beda. Kesan orang (kebanyakan orang) menganggap air Aqua itu berbeda dibandingkan dengan air lainnya. Sudahkah air atau depot Anda berbeda? Perbedaan tidak selamanya di produk, tetapi bisa juga beda pelayanannya. Pikirkan bagaimana cara Anda membedakan diri. 
  1. Promosi 

Kita bisa lihat di TV, Aqua terus menerus menampilkan iklan. Padahal mereka sudah terkenal. Begitu juga dengan depot Anda, jangan mengandalkan orang yang lewat saja, proaktif untuk mencari pelanggan dengan promosi. Banyak cara promosi murah bisa Anda lakukan.


Analisis Bisnis

Jumlah Konsumen                   : 500KK (kepala keluarga)
Kebutuhan minum tiap KK/Mngg > 1 galon
Penjualan Per bulan                : 500 KK x minggu
penjualan per bulan                 : 2000 galon

nilai penjualan                          : 2000 galon x 4000/galon
                                                   : 8 juta

Modal
A. Biaya langsung : tutup galon + tissue
                                : 2000 set X @200
                                : 400.000,-

B. Biaya tidak langsung
   1. Gaji pakerja   : 1 bulan 300.000
                             : bonus@ 100 = 200.000
   2. Listrik             : 1 bulan 100.000
   3. Sewa tempat   : 100.000
   4. lain-lain           : 1 bulan 100.000

Modal A+B           : 400.000+800.000
                             : 1.200.000
Keuntungan Kotor: Nilai penjualan - Modal
                            : 8.000.000-1.200.000
                            : 6.800.000

Tidak ada komentar: