PENGERTIAN STRATEGI
Pengertian Strategi adalah ilmu dan seni
menggunakan kemampuan bersama sumber daya dan lingkungan secara efektif yang
terbaik. Terdapat empat unsure penting dalam pengertian strategi, yaitu
kemampuan, sumber daya, lingkungan, dan tujuan. Emapt unsur tersebut,
sedemikian rupa disatukan secara rasional dan indah sehingga muncul beberapa
alternative pilihan yang kemudian dievaluasi dan diambil yang terbaik.
Dalam bidang manajemen, definisi mengenai
strategi cukup beragam dan bervariasi dari beberapa ahli dan pengarangnya..
Gerry Johnson dan Kevan Scholes (dalam buku ”Exploring Corporate Strategy”)
misalnya mendefinisikan strategi sebagai arah dan cakupan jangka panjang
organisasi untuk mendapatkan keunggulan melalui konfigurasi sumber daya alam
dan lingkungan yang berubah untuk mencapai kebutuhan pasar dan memenuhi harapan
pihak yang berkepentingan.
Henry Mintzbeg mendefiniskan strategi
sebagai 5P, yaitu strategi sebagai PERSPECTIF, strategi sebagai POSISI,
strategi sebagai PERENCANAAN, strategi sebagai POLA kegiatan, dan strategi
sebagai PENIPUAN (Ploy) yaitu muslihat rahasia. Sebagai Presektif, dimana
strategi dalam membentuk misi, misi menggambarkan perspektif kepada semua
aktivitas.
Dari berbagai pengertian dan definsi mengenai
strategi, secara umum dapat didefinisikan bahwa strategi itu adalah rencana
tentang serangkaian manuver, yang mencakup seluruh elemen yang kasat mata
maupun yang tak kasat mata, untuk menjamin keberhasilan mencapai tujuan.
PENGERTIAN PEMASARAN
Ada beberapa definisi mengenai pemasaran dari
beberapa ahli diantaranya adalah :
a.
Philip Kotler (Marketing) pemasaran adalah
kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui
proses pertukaran.
b.
Menurut Philip Kotler dan Amstrong pemasaran
adalah suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu atau kelompok
memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan
pertukaran timbal balik produk dan nilai dagang orang lain.
c.
Pemasaran adalah suatu sistem total dari
kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi,
dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai
pasar sasaran serta tujuan perusahaan.
Kesimpulan tentang definisi Pemasaran adalah
suatu perpaduan dari aktivitas-aktivitas yang saling berhubungan untuk
mengetahui kebutuhaan konsumen serta mengembangkan promosi, distribusi,
pelayanan dan harga agar kebutuhan konsumen dapat terpuaskan dengan baik pada
tingkat keuntungan tertentu.
Dengan adanya pemasaran konsumen tidak perlu lagi
memenuhi kebutuhan pribadi secara sendiri-sendiri dengan melakukan pertukaran
antara konsumen dengan pelaku pemasaran sehingga akan ada banyak waktu konsumen
untuk kegiatan yang dikuasai atau disukai.
Dalam pemasaran ada yang disebut marketing mix
/ bauran pemasaran. Ada 4 macam, yaitu :
1.
Produk : Barang Industri.
ü Barang konsumsi : Conulnien Goods { kebutuhan sehari-hari }
ü Special { barang spesial }
ü Shopping { pembandingan harga }
ü Unsought { ready stock }
2.
Price : Penetapan Harga
3.
Place : saluran distribusi yang di pakai :
Distribusi Intensif { banyak penyalur }
ü Distribusi Extensif { beberapa penyalur }
ü Distribusi Ekslusif { 1 penyalur }
4.
Promotion : Pemberian informasi kepada
konsumen agar, tertarik dan ingin membeli
Promotion Mix ada 4, yaitu :
ü Publisitas yaitu memberikan gambaran tentang manfaat dan kelebihan produk
ü Personal Selling yaitu promosi dari rumah ke rumah
ü Periklanan yaitu pemberian informasi mengenai diskon / sale
ü Promosi Penjualan yaitu pemberian potongan penjualan
PENGERTIAN STRATEGI PEMASARAN
Strategi pemasaran adalah pengambilan
keputusan-keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, alokasi
pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi
persaingan. Dalam strategi pemasaran, ada tiga faktor utamayang menyebabkan
terjadinya perubahan dalam pemasaran, yaitu :
1.
Daur hidup produk
Strategi harus disesuaikan dengan tahap-tahap
daur hidup, yaitu tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan, dan
tahap kemunduran.
2.
Posisi persaingan perusahaan di pasar
Strategi pemasaranharus disesuaikan dengan
posisi perusahaan dalam persaingan, apakah memimpin, menantang, mengikuti atau
hanya mengambil sebagian kecil dari pasar.
3. Situasi ekonomi
Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan
situasi ekonomi dan pandangan ke depan, apakah ekonomi berada dalam situasi
makmur atau inflasi tinggi.
Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu
pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berada dengan memiliki kebutuhan,
karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau
bauran pemasaran yang berbeda atau segmentasi pasar bisa diartikan segmentasi
segmentasi pasar adalah proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli
dipasar produk, menganalisa perbedaan antara pembeli dipasar.
1.
Dasar-dasar dalam penetapan segmentasi pasar
Dalam penetapan segmentasi pasar ada beberapa
hal yang menjadi dasarnya, yaitu :
a.
Dasar-dasar segmentasi pasar pada konsumen
ü Variabel geografi, diantaranya : wilayah, ukuran daerah, ukuran kota, dan
kepadatan iklim.
ü Variable demografi, diantaranya : umur, keluarga, siklus hidup, pendapatan,
pendidikan dll
ü Variabel perilaku pembeli, diantaranya : manfaat yang dicari, status
pemakai, tingkat pemakaian, status kesetiaan dan sikap pada produk.
b.
Dasar-dasar segmentasi pada pasar industry
ü Tahap 1 : menetapkan segmentasi makro, yaitu pasar pemaki akhir, lokasi
geografis, dan banyaknya langganan.
ü Tahap 2 : yaitu sikap terhadap penjual, cirri-ciri kepribadian, kualitas
produk, dan pelanggan.
2.
Syarat segmentasi pasar
Ada beberapa syarat segmentasi yang efektif,
yaitu :
ü Dapat diukur
ü Dapat dicapai
ü Cukup besar atau cukup menguntungkan
ü Dapat dibedakan
ü Dapat dilaksanakan
3.
Tingkat segmentasi pasar
Karena pembelian mempunyai kebutuhan dan
keinginan yang unik. Setiap pembeli, berpotensi menjadi pasar yang terpisah.
Oleh karena itu segmentasi pasar dapat dibangun pada beberapa tingkat yang berbeda.
a.
Pemasaran massal
Pemasarn massal berfokus pada produksi massal,
distribusi massal, dan promosi massal untuk produk yang sama dalam cara yang
hamper sama keseluruhan konsumen.
b.
Pemasaran segmen
Pemasaran segmen menyadari bahwa pembeli
berada dalam kebutuhan, presepsi, dan perilaku pembelian.
c.
masaran ceruk
Pemasaran ceruk (marketing niche) berfokus
pada sub group didalam segmen-segmen. Suatu ceruk adalah suatu group yang
didefinisikan dengan lebih sempit.
d.
Pemasaran mikro
Praktek penyesuain produk dan program
pemasaran agar cocok dengan cita rasa individu atau lokasi tertentu. Termasuk
dalam pemasaran mikro adalah pemasaran lokal dan pemasaran individu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar