Label

Minggu, 09 Februari 2014

Tips Investasi Untuk Karyawan dan Buruh

Bagi Anda, karyawan tentu ingin menikmati masa pensiun yang aman dan bahagia. Tentunya, impian Anda tersebut harus diwujudkan mulai saat pertama kali Anda bekerja. Anda dapat mempersiapkan dana pensiun sedini mungkin dengan melakukan investasi.
Sorang karyawan harus memanfaatkan kelebihan yang dia miliki dibandingkan dengan rekan-rekannya yang punya usaha sendiri. Kelebihan itu antara lain adanya penghasilan tetap setiap bulan, uang kesehatan serta bonus kinerja kerja. Tentunya hal ini akan memudahkan karyawan untuk menabung dan mengumpulkan dana pensiun karena jumlahnya bisa dipertimbangkan sejak dini.
Berikut tiga tips investasi untuk karyawan:
1. Investasi dengan teratur
Sisihkan gaji sebanyak 10-30 persen idealnya untuk investasi, di luar untuk menabung dan bayar hutang. Uang ini harus diutamakan seperti kewajiban yang harus dibayarkan pertama kali ketika mendapatkan gaji. Untuk memudahkan, gunakan investasi berkala otomatis sebagai alat berinvestasi anda.

2. Investasi aman
Rencanakan dengan baik dan dalam jangka waktu panjang. Jangan mudah tergoda tawaran investasi tidak wajar dengan jaminan keuntungan besar dalam waktu singkat, seperti skema ponzi, piramida, dan permainan uang lainnya. Jika tidak memiliki keahlian khusus, tidak disarankan berspekulasi lewat futures, valas spekulasi, komoditas, serta saham eksotik.

3. Investasi pintar
Investasi itu bukan hanya uang, kita bisa melakukannya dalam rupa ilmu pengetahuan. Manfaatkan fasilitas perusahaan yang sering memberi training dan pelatihan. Jangan pernah puas untuk menambah pengetahuan tentang investasi. Hal-hal tersebut yang membuat semakin hari kita bertambah pengetahuan.

Tidak ada komentar: