Label

Rabu, 05 Februari 2014

Bisnis Sukses Cuci Motor



Bisnis cuci mobil dan motor akan bisa sukses dan banyak pelanggan, tentunya harus dijalankan dengan strategi bisnis yang tepat. Ada beberapa syarat umum untuk usaha cuci mobil dan cuci motor agar menarik. 

Biasanya ruangan usaha cuci motor ini dibagi menjadi lima, yaitu ruang utama sebagai tempat cuci motor, ruang tunggu pelanggan, tempat pembayaran, kamar tidur karyawan, dan gudang tempat menyimpan perlengkapan usaha cuci motor.

Tingkat kesulitan pencuciannya dibagi menjadi 3, yaitu ringan, sedang dan berat. Yang ringan dan sedang bisa dikerjakan 2 orang, yang berat butuh tambahan 1 orang lagi untuk mengerjakannya, jadinya 3 orang.

Untuk tarif yang dikenakan ke konsumen, kita bisa pasang antara 7 ribu hingga 8 ribu rupiah per sekali cuci. Bisa lebih jika di kota-kota besar seperti Jakarta atau Surabaya. Harga segitu sudah bisa meng-cover semua pengeluaran usaha cuci motor plus strategi promosi cuci motor 10 kali gratis 1 kali. Sebagai pelengkap kita juga bisa menyediakan layanan lain, misalnya tempat cuci helm dan karpet.

Satu hal yang perlu diperhatikan, apabila musim hujan, omset kita bisa turun hingga 60%. Biasanya konsumen merasa rugi apabila motor yang baru dicuci kemudian kotor lagi karena terkena cipratan genangan air. Hal yang perlu diperhatikan lainnya adalah:
  • Knowledge
Standar kebersihan motor dan cara membersihkannya, kemudian Mesin kendaraan bermotor (jangan sampai karena ketidaktahuan, mesin motor malah rusak karena terkena air), Pembukuan sederhana, menyangkut pencatatan modal awal, operasional bulanan, dan pendapatan.
  • Lokasi Strategis
Kalau kita ingin membuka usaha cuci motor adalah pemilihan lokasi usaha. Lokasi usaha merupakan taktik yang paling jitu untuk menggaet konsumen. Kita bisa lakukan riset pemasaran kecil-kecilan dengan menghitung berapa rata-rata motor per hari yang lewat di daerah yang kita bidik tadi. Setelah itu, kita ambil berapa rata-ratanya dalam sebulan. Kemudian kita bisa pakai prinsip bisnis pareto untuk menghitung berapa kemungkinan calon konsumen yang mau mampir ke lokasi usaha cuci motor kita.

Lokasi ini tidak harus disuatu tempat yang “TIDAK ADA SAINGAN” atau hanya sendirian saja, tapi justru kalau bisa di sebuah jalan yang di sana sudah banyak pesaing sesama usaha cuci mobil dan motor. Lokasi yang baik dan bagus akan mengurangi biaya marketing. Buatlah PLANG atau SPANDUK yang besar dan MENARIK PERHATIAN, yang mudah dibaca dan diingat oleh target pasar.
  • Modal (capital)
Tempat dengan luas minimal 12 meter persegi untuk 2-3 motor, dana yang dibutuhkan dsekitar Rp.5.000.000,00-. Modal diperlukan untuk membeli pompa air, kompresor, dan peralatan cuci, seperti sabun, sampo motor, sikat, kain lap (kanebo), dan pengkilap cat motor. Modal ini termasuk untuk perbaikan tempat sesuai dengan kebutuhan, seperti kran dan saluran air. Tenaga kerja, 2 - 3 orang, untuk mencuci motor (salah satu merangkap sebagai tenaga kerja administrasi). Jika makin banyak pengguna jasa yang datang, jumlah tenaga kerja bisa ditambah.
  • Promosi dan Komunikasi yang Menarik
Hampir semua orang di level ekonomi manapun sangat menyukai program promosi. Orang juga cenderung mau mencoba sebuah jasa (cuci mobil dan cuci motor) apabila ada promosi yang menarik. Lakukan komunikasi yang berbeda dengan pesaing anda. Buatlah promosi yang membuat orang penasaran. Misalnya dengan undian, atau hadiah kejutan, atau kreatifitas lain…
  • Suasana Tunggu Usaha Cuci Mobil dan Motor yang Nyaman
Aturlah agar tempat usaha cuci mobil dan motor anda senyaman mungkin, desain harus disesuaikan dengan target pasar yang anda bidik. Sediakanlah makanan kecil dan minuman ringan agar pelanggan yang menunggu dapat menikmati makanan dan minuman. Dan asiknya, ini tidak harus gratis. Ada tambahan dari jualan makanan ringan dan minuman. Pastikan ada koran, majalah atau televisi, musik agar tidak membosankan.
  • Kualitas
Pelanggan tentunya akan datang kembali, dan kembali dan kembali lagi bila kualitas jasa yang anda berikan dapat memenuhi ekspektasi mereka. Jadi anda harus dapat memastikan bahwa hasil cuci di tempat usaha cuci mobil dan motor anda sangat baik dan bersih. Pastikan setiap petugas cuci anda bekerja dengan standar yang anda tentukan.
  • Service Excellent
Pelanggan di masa kini ini sangat memperhatikan pelayanan ini. Bahkan dibeberapa literatur menyebutkan bahwa pelayananlah yang membuat usaha anda berbeda dan sulit dicontoh. Untuk itu, anda harus benar-benar melatih seluruh karyawan anda agar benar-benar mengerti soal service excellent ini. Service yang baik bukan sekedar memberikan senyuman, tapi harusmemberi solusi bagi pelanggan. Buatlah standar keramahan yang unik di tempat usaha cuci mobil dan motor anda darimulai greeting, hingga proses pelayanan yang cepat dan praktis. Ucapan terimakasih sangat penting untuk mengakhiri pelayanan.
  • Peralatan dan Perlengkapan
Bahan baku untuk proses pencucian motor juga tidak banyak dan mudah didapat, yaitu :
-Sabun, digunakan sebagai bahan baku utama untuk membersihkan motor.
-Bensin dan oli, digunakan sebagai campuran sabun untuk membersihkan kotoran yang membandel.
-Solar, digunakan untuk bahan bakar kompresor.
-Vaselin, digunakan untuk membersihkan dan mengkilapkan body motor.
-Silikon, digunakan untuk membersihkan dan mengkilapkan ban motor.

Analisis Bisnis Cuci Motor

Sewa Tempat /tahun   5,000,000
Renovasi Tempat      2,000,000
Peralatan            5,000,000
              Total 12,000,000

Biaya Operasional
Gaji 3 orang @ Rp. 1200.000,- 3,600,000
Listrik dan Air                 500,000
Sabun, sampo dan semir ban      100,000
              Total 4.200,000

Pendapatan
1 hari 30 motor @ Rp. 8000,-
1 bulan = 30 hr x 30 x Rp. 8000,- 7.200,000

Keuntungan
Pendapatan – Biaya Operasional 3.000,000

Tidak ada komentar: