Label

Rabu, 05 Februari 2014

7 Strategi Bisnis Rumah Kost Sukses

Bisnis kost-kostan merupakan bisnis yang tidak ada matinya, bisnis ini sangat menjanjikan di Indonesia, terutama di kota besar seperti Jakarta, Bandung, Jogja, Surabaya dan kota besar lainnya karena banyaknya penduduk berdatangan ke kota besar tersebut sehingga permintaan pada sektor tempat tinggal di kota besar amat tinggi. Sedangkan penawaran untuk tempat tinggal cenderung menurun karena faktor harga tanah di kota besar yang mahal. Oleh sebab itu, bisnis kost-kostan cukup menjanjikan untuk dijalankan. 

Adapun hal-hal penting yang perlu diperhatikan agar bisnis ini terus hidup dan berkembang:
  • Modal
Besarnya modal dalam tentunya bukan menjadi penghalang untuk merintis bisnis ini, banyak sekarang strategi dalam membeli property dengan menggunakan dana dari pihak ketiga yaitu bank. Namun sebelum menggunakan dana dari pihak ketiga (bank) haruslah stabil dulu cash flow yang anda miliki, demi menghindari resiko yang sewaktu-waktu bisa terjadi.
  • Lokasi
Tentukan lokasi kost, Jika Anda mengincar mahasiswa, berarti lebih baik memilih lokasi sekitar kampus, sedangkan jika ingin menarik karyawan, pilihlah lokasi dekat perkantoran. Tentunya lokasi-lokasi yang strategis akan berbanding lurus dengan harga lahan. Keterampilan dalam meloby transaksi dan bisa mencari lokasi strategis sangat mutlak dimiliki untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.
  • Service 
Ciptakan service (kenyamanan, keamanan dan kebersihan) yang baik di kost anda agar bisa unggul dalam persaingan. Jika sekitar lokasi kos milik Anda, sudah banyak terdapat tempat kos, anda harus menydiakan pembeda dari penyewa kos lainnya, seperti menawarkan fasilitas keamanan, kenyamanan dan kebersihan hal ini dapat jadi faktor penentu dan pembeda serta nilai tambah.

  • Harga 
Dalam menetapkan harga, disesuaikan pada lokasi, fasilitas dan kota. Biasanya semakin dekat dengan kampus atau kantor harganya juga makin mahal. Semakin lengkap fasilitas, harga juga makin mahal. Jika biaya hidup di kota Anda terbilang tidak besar, harga kost juga biasanya tidak tinggi.
  • Extra Service
Berikan layanan tambahan seperti jika menyediakan laundry/tenaga pencuci baju atau tukang membersihkan kamar. Di samping itu berikan layanan internet gratis (wifi) sangat menarik dan merupakan pertimbangan utama mereka memilih kos Anda dan cara lainnya.
  • Akses
Dalam mendirikan kos-kosan, Apakah ada kendaraan umum yang lewat di depan rumah atau kompleks? Apakah mudah dijangkau? Apakah motor atau mobil bisa masuk ke lokasi kos. Hal ini merupakan faktor yang cukup menunjang. 
  • Fasilitas
Fasilitas standart adalah tempat tidur plus kasur dan lemari. Jika target pasar Anda adalah mahasiswa, akan lebih baik jika disediakan meja belajar. Namun, jika incaran Anda adalah karyawan dan kota Anda berhawa panas, AC akan sangat diminati, plus kamar mandi dalam. Karena faktor kenyamananlah yang mereka cari. Mereka butuh tempat istirahat yang nyaman, setelah seharian mereka lelah bekerja.
  • Promosi
Promosi mutlak dilakukan agar target konsumen mengetahui lokasi kost yang anda miliki, semakin banyak yang mengetahui bisnis anda, semakin besar pula peluang orang yang akan menyewa kost yang anda miliki. Banyak cara yang bisa dilakukan, seperti membagikan brosur, iklan koran ataupun melalui media internet.

Setelah tahap awal di atas sudah Anda kuasai dengan baik, langkah selanjutnya adalah memikirkan bagaimana mengelola bisnis Anda agar berjalan baik, serta cara mempertahankan kenyamanan.
  • Seleksi
Lakukan penyeleksian dengan tujuan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan yang disebabkan karena ketidakjelasan asal-usul penghuni kos, Anda bisa menerapkan proses seleksi melalui obrolan santai ketika mereka akan mendaftar sebagai penghuni kos Anda. Paling tidak Anda bisa menggali informasi mereka tentang tempat asal, tempat kerja, dan status mereka. Cara seleksi yang lebih ekstrim dan formal adalah dengan meminta mereka mengisi form pendaftaran penghuni kos yang telah Anda siapkan.
  • Tata tertib pengunjung
Mengelola penghuni kos agar selalu tertib kadang gampang-gampang susah. Baik buruknya Anda mengelola penghuni ini menentukan citra kos-kosan Anda di mata lingkungan sekitarnya. Untuk itu dibutuhkan piranti pendukung berupa tata tertib pengunjung kos. 
  • Bisnis pendukung
Apabila bisnis kost-kostan Anda sudah berjalan baik, ada baiknya Anda terus mengembangan penghasilan Anda melalui bisnis-bisnis pendukung seperti jasa cuci baju, membuka konter isi pulsa ataupun minimarket/mini swalayan yang menjual bahan-bahan kebutuhan sehari-hari. Selain bisa menyasar konsumen dari dalam (penghuni kost), juga bisa menyasar konsumen dari luar.

Tidak ada komentar: